Pertolongan Pertama Pada Penderita Penyakit Asma Yang Bisa Kita Lakukan

Suatu serangan asma yang berat, dimana penderita berjuang untuk dapat bernafas dan atau sampai pucat kebiru-biruan pada lidah atau bibir, adalah suatu keadaaan darurat dan memerlukan perawatan rumah sakit. Panggillah ambulan dari unit darurat rumah sakit terdekat. Hampir semua penderita asma telah mempunyai obat atau alat pengisap, yang bila satu dosis obat isap tidak menolong, hanya boleh diulang satu kali lagi. Pada semua kasus, sebagai Pertolongan Pertama Pada Penderita Penyakit Asma adalah menemukan posisi yang paling nyaman bagi si penderita sambil menunggu datangnya bantuan medis.

Posisi yang terbaik adalah duduk tegak, menganjur bersandar pada sandaran kursi, dan lebih bertumpu pada lengan (lihat pada gambar). Banyak udara segar juga akan menolong dan termasuk pada Pertolongan Pertama Pada Penderita Penyakit Asma. Suatu serangan asma yang parah akan sangat menakutkan bagi keluarga si sakit maupun si penderita sendiri. Tetapi, kebingungan hanya akan semakin memperburuk keadaan, sehingga sebaiknya seseorang yang mendampingi si sakit harus bisa bersikap tenang dan dapat meyakinkan si penderita agar si sakit lebih percaya diri dan lebih santai.

Itulah hal-hal yang bisa kita lakukan pada pasien yang sedang mengalami asma sebagai Pertolongan Pertama Pada Penderita Penyakit Asma. semoga pembahasan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Aamiin…
 
-